Jalin Kerjasama dengan Infinite Learning, RMIT Hadir di Pusat Teknologi NDP Batam

batampos.co.id – Infinite Learning, Nongsa Digital Park menjalin kerjasama dengan RMIT, universitas sekaligus pusat pendidikan dan perusahaan global di bidang teknologi dan desain terbesar di Asia, yang berbasis di Australia.


Kerjasama pengajaran teknologi dan desain ini menjadi kemitraan strategis tinggi di bidang tech-hub yang mendapat dukungan langsung dari Pemerintahan Indonesia dan Singapura. Sekaligus menjadi bagian dari perluasan kerja RMIT sebagai universitas bereputasi tinggi di kawasan Asia Pasifik. Menjadi mitra terpercaya dalam membantu pemerintah Indonesia menciptakan tenaga kerja yang lebih berpengalaman, mengatasi kesenjangan keterampilan.


Infinite Learning sendiri, merupakan divisi pendidikan dari Infinite Studios (IS) di bawah naungan Nongsa Digital Park (NDP), di Batam, pulau terdepan Indonesia yang bertetangga langsung dengan Singapura dan Malaysia. Sedangkan Infinite Studios merupakan pemimpin media global di TV, film, dananimasi yang sudah bekerjasama dengan raksasa media internasional. Sebut saja, Warner Media, Disney dan Netflix.


Presiden Republik Indonesia, Joko ‘Jokowi’ Widodo menyebutkan, NDP merupakan digital-hub yang menghubungkan Indonesia dengan Singapura dan berbagai negara di seluruh dunia. Bahkan kawasan ini dijadikan pusat teknologi dengan status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sejak 2020 lalu.


Sejak dijadikan sebagai KEK, tentu saja NDP memiliki keuntungan konektifitas broadband berkualitas tinggi dan mendunia. Di NDP Batam, RMIT otomatis bergabung dengan raksasa teknologi Apple dan juga bersama para inovator dan perusahaan rintisan global lainnya. Tentu ini membuka potensi kolaborasi dan kemitraan baru di masa mendatang.


Dalam kemitraan ini, sekolah Tinggi Pendidikan Kejuruan RMIT memberikan dua kursus intensif di bidang keamanan siber bagi tenaga kerja lokal sebagai cara untuk mengatasi kesenjangan keterampilan tenaga kerja. Selain itu, akan terus beradaptasi guna memenuhi kebutuhan strategis negara dan kawasan, membantu memenuhi pelatihan vokasi secara massal bagi tenaga kerja sebagai bagian dari pemulihan pascapandemi.


Wakil Rektor RMIT Global, Profesor Peter Coloe menyebutkan, RMIT telah memiliki lebih dari beberapa dekade pengalaman kemitraan di wilyaha Asia. Kampus ini terkenal dan diakui dalam teknologi, desain, dan perusahaan.


“Selama lebih dari 30 tahun, RMIT telah berperan aktif di kawasan Asia-Pasifik, memberikan pendidikan bersama dengan lembaga mitra dalam memenuhi kebutuhan pemerintah suatu negara,” ujar Coloe dalam siaran persnya kepada Batam Pos, Kamis (25/11/2021).

Dalam menjalani kerjasama ini, ia menyebutkan akan sangat menyenangkan memberi edukasi Cyber Security kepada para murid baru. “Mereka akan bergabung dengan 50 ribu alumni dari berbagai kawasan,” ungkapnya.


Coloe menambahkan, kerjasama dengan Infinite Learning di Batam, Indonesia ini juga akan menguatkan posisi mereka sebagai pusat digital di Asia Pasifik.

Sementara itu, Wakil Rektor Sekolah Tinggi Kejuruan RMIT, Mish Eastman, mengatakan, kampus merupakan pusat kepemimpinan dan pembelajaran seumur hidup dalam peningkatan keterampilan dan pengetahuan.


“Inilah yang kami lakukan. Menyediakan kemitraan melalui pendidikan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam pengembangan saat ini dan di masa depan,” ungkapnya.


Dia menyebutkan, kursus Cyber Security yang mereka tawarkan dan akhirnya bermitra dengan Infinite Learning, bisa tepat sasaran dengan pelatihan kejuruan yang paling diminati dan sangat relevan di masa kini.


“Dan tentu saja ini membuka kesempatan dalam skala prioritas di bidang inovasi digital di masa depan,” tambah Eastman lagi.

Sementara itu, CEO Infinite Studios dan NDP, Mike Wiluan mengungkapkan rasa bangganya bisa bekerjasama dan menghadirkan RMIT sebagai bagian dari ekosistem pengembangannya dalam bidang pendidikan teknologi dan digital.


Menurutnya, RMIT hadir di Batam dan Indonesia karena mereka merupakan pendidik terbaik di kelasnya, serta mampu mendidik perusahaan digital yang sedang berkembang.


“Dengan basis di NDP, RMIT akan menyediakan kursus kejuruan yang unik untuk memenuhi kebutuhan pasar di sektor digital yang kini berkembang pesat,” ujar Mike.


Menurutnya, kerjasama dengan Infinite Learning akan memberikan kesempatan nyata bagi siswa untuk belajar sambil memiliki pengalaman langsung ke industri digital.


“Kami berharap kerjasama dalam hal penemuan ini untuk waktu yang lama,” ujar Mike.

Direktur Eksekutif Senior NDP dan IS, Marco Bardelli mengatakan NDP adalah tempat berkumpulnya talenta digital yang melayani start-up lokal dan asing, perusahaan multinasional dan pengusaha teknologi.


“Bergabungnya RMIT dengan NDP menjadi berita bagus. Kami bertujuan mendidik dan mempersiapkan lebih banyak talenta-talenta dari Indonesia agar dapat berkontribusi pada pesatnya pertumbuhan Ekonomi Digital tanah air,” ujar Marco.


Pelatihan intensif Cyber Security Infinite Learning dengan RMIT, kampus yang berdiri di Australia sejak 1887 ini ini akan dimulai awal 2022 mendatang.


Sebagai universitas global, kampus ini memiliki 95 pelajar dengan 10 ribu karyawan yang tersebar secara global.


RMIT memiliki dua kampus dan pusat bahasa di Vietnam. Mereka juga memiliki pusat penelitian dan pusat kolaborasi industri di Barcelona dan telah bermitra dengan berbagai negara, Sebut saja Singapura, Hong Kong, Sri Lanka dan Tiongkok, dan terbaru Indonesia melalui Infinite Learning di NDP, Batam. (*)



0 views0 comments