top of page

Global Game Jam Batam: Membangun Kreativitas dan Mengembangkan Talenta Indonesia di Bidang Game Development

Batam, 26 Januari –  Indonesia bersiap menyambut kegiatan Global Game Jam, sebuah acara pembuatan game secara serentak yang diadakan di berbagai lokasi di seluruh dunia, termasuk di Batam. Event ini, yang diselenggarakan oleh komunitas Game Developer Batam, mendapat dukungan penuh dari Infinite Learning dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta didukung oleh Politeknik Negeri Batam dan Asosiasi Game Indonesia.



Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 26 hingga 28 Januari 2024, dimana para peserta diberi tantangan untuk membuat game dalam kurun waktu 36 jam dengan tema 'Make Me Laugh'. Global Game Jam bertujuan untuk mendorong inovasi, kolaborasi, dan kreativitas di antara pengembang game muda dan berbakat.


Pembukaan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 Januari akan dihadiri oleh Ir. Rizki Handayani Mustafa, MBTM, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, yang memberikan sambutan dan motivasi kepada para peserta dan hadirin.


“Indonesia memiliki berbagai macam budaya yang keren-keren, serta talent yang berbakat. Acara Global Game Jam ini bisa menjadi ajang teman-teman developer Batam untuk memamerkan diri dan harapannya menjadi step pertama untuk menuju internasional,” ujar Ari Nugrahanto, Program Director Infinite Learning, yang juga hadir untuk menyampaikan harapannya agar talenta dan budaya Indonesia semakin dikenal di ranah internasional.


Di tanggal 28 Januari, Infinite Learning juga mengundang industri-industri yang diwakili oleh Digital Industry Singapore (DISG), Ubisoft, dan Lightspeed Studios (Tencent) yang akan hadir secara langsung untuk melihat hasil akhir proyek game yang dirancang, serta memberi feedback untuk para peserta.


Event ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang pertunjukan keahlian para pembuat game, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat jaringan, berbagi pengetahuan, dan menginspirasi generasi pembuat game berikutnya. Dengan dukungan berbagai pihak, Global Game Jam di Batam diharapkan dapat menjadi langkah penting dalam memajukan industri game di Indonesia dan memperkenalkan talenta serta budaya Indonesia ke kancah internasional.

81 views0 comments
bottom of page